Diantara dua dunia : Showa dan Heisei

Film tokusatsu yang lagi ditunggu tunggu ama tokufans kali ini adalah film tentang pertempuran kamen rider. Diberi judul Kamen Rider Showa X Kamen Rider Heisei : Kamen Rider War feat. Super Sentai. Mengisahkan tentang konflik antara kamen rider era showa dan kamen rider era heisei.
Didalam dunia kamen rider sudah menjadi rahasia umum bahwa telah dibagi dua kubu kamen rider, yaitu kamen rider era showa dan era heisei.

Yang terhitung kamen rider era showa adalah :
Shōwa era series

Heisei era series

ket: info dicomot dari wikipedia.

CM kamen rider war
Iklan Kamen Rider War

Showa Rider berkumpul
Showa Rider berkumpul untuk melawan Heisei Rider
 
Heisei Rider kuuga to kiva
Heisei Rider mulai Kuuga sampai Wizard

Sebenarnya apa sih era showa dan era heisei itu? Berikut ini penjelasan yang simple dari dua era tersebut.

Zaman Shōwa (昭和?) atau Periode Shōwa terhitung mulai tanggal 25 Desember 1926 - 7 Januari 1989 adalah salah satu nama jaman di Jepang. Zaman Shōwa berlangsung pada masa pemerintahan Kaisar Shōwa yaitu kaisar Hirohito, Kaisar Hirohito naik tahta pada tanggal 25 Desember 1926 hingga wafat pada 7 Januari 1989. Tahun Shōwa berlangsung hingga tahun ke 64 Shōwa, era showa merupakan era pemerintahan terpanjang dari kekaisaran Jepang yang pernah ada. Terhitung selama 62 tahun 2 minggu, namun tahun terakhir era Shōwa yaitu tahun 64 Shōwa hanya berlangsung selama 7 hari.

 Heisei (平成?) dimulai 8 Januari 1989 hingga sekarang. Era ini dimulai sejak kenaikan tahta Kaisar Akihito menggantikan Kaisar Hirohito. Tahun 1989 juga disebut tahun Heisei 1 (平成元年 Heisei gannen?, tahun awal zaman Heisei).  Dan era heisei ini masih berlangsung hingga sekarang.

Uniknya, penamaan era di Jepang itu pasti berbeda hurufnya, misalnya era Showa ke 64 disana ditulis dengan singkat dengan S64 berarti tahun 1989. Dan karena ini maka era baru setelah era showa tidak boleh berawalan dengan huruf S, maka dari itu saran penamaan era setelah berikutnya dipilih dari 3 nama saran oleh oleh anggota dewan yaitu Heisei, Shubun, Seika maka yang terpilih adalah Heisei supaya tidak bertabrakan dengan era Showa jika disingkat.

Dan di kalangan tokufans muncul penamaan era neo heisei yang menandakan era kamen rider baru setelah kamen rider decade (2010 keatas). Namun ini adalah karangan salah satu tokufans saja. Yang benar adalah era heisei saja dan tidak ada yang namanya era neo heisei.

showa dan heisei
tentang era showa dan heisei juga dijelaskan di seri My Boss My Hero

Jadi sekarang rekan netter sudah pada tau kan perbedaan era showa dan era heisei. So gak usah bingung kalo ada yang membahas hal itu. Sampai jumpa di postingan berikutnya.

2 komentar:

Cokers Codri mengatakan...

Kunjungan balik gan, :)
Kalau berkenan boleh kita tukeran link? :D

Unknown mengatakan...

boleh... saya buatin banner situs saya dulu ya..

Posting Komentar

Promosi

DVD kamen rider super sentai 2
 
Copyright © Demam Tokusatsu