Apa itu tokusatsu? -- Sebuah dunia yang penuh dengan imajinasi

Seperti yang saya janjikan kemaren malem, saya akan membahas mengenai apa itu tokusatsu. Untuk tokufans lama pasti pada tahu lah. Tapi bagi yang awam dan baru mengenal dunia tokusatsu informasi ini bisa menambah pengetahuan rekan netter.

Tokusatsu (特撮?) adalah kosakata dalam bahasa Jepang yang bila diartikan memiliki arti "Spesial Efek". Kata itu sering digunakan untuk mendefinisikan genre film live action dan dorama yang menggunakan spesial efek.
Kata tokusatsu adalah kependekan dari frase dalam bahasa Jepang "Tokushu satsuei" (特殊撮影?), yang berarti "fotografi spesial". Kalau direktor spesial efek nya diberi gelar "tokushu gijutsu" (特殊技術?), yang berarti "tekhnik spesial" atau "tokusatsu kantoku" (特撮監督?), yang merupakan bahasa Jepang dari "direktor spesial efek".

 screenshot kiba dark knight gaiden


Seringkali tema dari tokusatsu adalah sci-fi (science fiction - fiksi ilmiah), fantasy bahkan ada yang horror juga. Jenis tokusatsu yang ada di Jepang adalah Kaiju Monster (seri godzilla dan gamera), -- di post berikutnya saya akan membahas godzilla karena di Hollywood sudah dibuat movie godzilla terbaru yang lebih tokusatsu daripada film godzilla tahun 90an --, yang berikutnya yang ngetren adalah serial superhero TV ( ada Kamen Rider, Super Sentai, Metal Hero, Ultraman), kalo di Indonesia baru aja muncul satria series pertama yaitu Bima Satria Garuda. Tokusatsu sudah menjadi acara hiburan yang populer di Jepang sana dan sekarang penggemar tokusatsu lebih besar dari era 80an dan 90an. Mengapa? karena adanya era internet, streaming video dan download gratis bisa didapat dengan mudah sehingga penggemar lama tokusatsu dan yang newbie bisa menikmatinya kapanpun dimanapun.

Screenshot Super Hero Taisen Z -- mempertemukan 3 sub genre tokusatsu : kamen rider , super sentai dan metal heroes.

Itulah tokusatsu. Tertarik untuk bagian darinya? Silahkan, karena tokusatsu adalah dunia yang penuh dengan imajinasi.


3 komentar:

Lanting Rusak mengatakan...

Mantap.

Kunjungi juga blog saya:
http://lantingrusak.blogspot.co.id/

Unknown mengatakan...

Ajiiiiib gan makasih infonya saya juga suka sekali dengan Tokosatsu

Unknown mengatakan...

SAYA NUMPANG LEWAT BRUH,BTW MAKSIH INFONYA

Posting Komentar

Promosi

DVD kamen rider super sentai 2
 
Copyright © Demam Tokusatsu